Kebijakan Privasi Eka Pay


Eka Pay adalah bentuk cobranding dari SpeedCash (www.speedcash.co.id) milik PT Bimasakti Multi Sinergi (Bimasakti) bekerja sama dengan PT BPR Eka Bumi Artha (Bank Eka) . Data akun pengguna, aset, data traffic, dan lain sebagainya masuk ke dalam pengelolaan ekosistem Speedcash.

Kebijakan privasi adalah ketentuan yang mengatur akun Anda dan informasi yang Anda berikan melalui Eka Pay yang meliputi hal-hal sebagai berikut:

  1. Ikhtisar
    1. Eka Pay berhak meminta Anda untuk memberikan informasi pribadi Anda dan data rekening bank Anda demi keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi.
    2. Ketentuan ini berisi tentang pengolahan informasi yang dimiliki oleh Eka Pay.
    3. Eka Pay sangat menjaga informasi pribadi Anda dan akan menggunakan informasi pribadi Anda sesuai dengan kondisi yang tercantum dalam ketentuan ini.
    4. Eka Pay tidak akan menjual atau menyewakan data pribadi Anda atau daftar pelanggan Eka Pay kepada pihak ketiga.
    5. Dalam kondisi tertentu, Eka Pay memiliki hak untuk memberikan informasi pribadi Anda kepada pihak ketiga yang memiliki legalitas kerjasama dengan Eka Pay atau Bimasakti.
    6. Ketentuan ini berlaku untuk semua layanan yang disediakan di dalam Eka Pay.
    7. Dengan menerima Kebijakan dan Ketentuan Pengguna dalam pendaftaran/registrasi, Anda menyatakan setuju dengan Pengelolaan informasi pribadi Anda sesuai dengan penjelasan dalam Ketentuan.
    8. Informasi pribadi Anda akan disimpan dan diproses pada server Eka Pay.
    9. Bimasakti menjamin akan menyimpan dan mengirimkan informasi pribadi Anda secara aman dan rahasia.

  2. Pemberitahuan Perubahan
    1. Ketentuan ini akan mengalami pembaharuan dikarenakan adanya penambahan layanan baru program Eka Pay.
    2. Ketentuan ini akan mengalami perubahan dari waktu ke waktu dikarenakan adanya penambahan layanan baru Eka Pay atau adanya saran-saran yang diterima dari pelanggan Eka Pay.
    3. Jika Eka Pay mendapati adanya ketidakcocokan antara data informasi pribadi digital yang telah diterima dari Anda dengan data pribadi Anda yang telah diperbaharui, maka Anda memiliki hak untuk memilih data mana yang akan dikelola oleh Eka Pay.
    4. Eka Pay tidak bertanggungjawab atas kegiatan operasi Pihak Ketiga, kecuali yang berisi data informasi yang diberikan oleh Bank Eka maupun Bimasakti.

  3. Informasi yang Eka Pay kumpulkan
  4. Untuk mengakses akun Eka Pay, Anda harus memberikan:

    1. Nama Lengkap
    2. Nama Perusahaan (jika ada)
    3. Alamat
    4. Nomor Handphone
    5. URL website (jika ada)
    6. Alamat e-mail
    7. Foto untuk proses KYC
    8. Informasi list kontak yang Anda pilih saat transaksi

    Untuk melakukan transaksi menggunakan Eka Pay, Anda harus menyediakan semua informasi yang Eka Pay perlukan secara valid. Data-data tersebut akan dikirimkan ke system SpeedCash.

    Informasi ini akan sangat diperlukan bagi Eka Pay untuk:

    1. Melakukan proses transaksi
    2. Mengeluarkan password baru
    3. Melindungi Anda terhadap penipuan
    4. Untuk memudahkan Eka Pay menghubungi Anda

    Eka Pay berhak men-suspend akun yang tidak memenuhi persyaratan diatas serta membekukan dananya sampai proses investigasi selesai.

    Jika Anda memilih untuk mendaftar produk atau fitur tambahan yang ditawarkan Eka Pay, Anda akan diminta untuk memberikan informasi tambahan guna memenuhi syarat fitur atau produk tersebut.

  5. Informasi Transaksi
    1. Bila Anda menggunakan Eka Pay untuk mengirim uang ke pihak lain atau permintaan uang dari pihak lain, Eka Pay akan meminta Anda untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan masing-masing transaksi termasuk jumlah transaksi dan alamat email dari pihak lain tersebut.
    2. Eka Pay akan menyimpan informasi untuk setiap transaksi yang Anda lakukan melalui Eka Pay.
    3. Eka Pay juga mengumpulkan IP Address setiap komputer atau perangkat yang Anda gunakan untuk mengakses akun Eka Pay Anda, untuk membantu mendeteksi kemungkinan terjadinya kasus transaksi tidak sah.
    4. Aplikasi Mobile Eka Pay menggunakan jalur API Speedcash dengan domain sebagai berikut:
      1. gc.bebasbayar.com
      2. gc.speedcash.co.id
      3. sc-central-api.bmsecure.id
      4. sofia.bmsecure.id

  6. Informasi Anda dengan Pihak Ketiga
  7. Dalam usaha untuk melindungi semua pelanggan Eka Pay terhadap penipuan. Eka Pay akan melakukan verifikasi dengan pihak ketiga mengenai informasi yang Anda berikan.

  8. Verifikasi Tambahan
    1. Dalam upaya menanggulangi penipuan dan fraud, Eka Pay mewajibkan adanya verifikasi tambahan.
    2. Eka Pay atau Bimasakti akan meminta Anda untuk menyediakan informasi tambahan (scan KTP, Kartu Keluarga, buku tabungan, dll) untuk melakukan penarikan dalam akun.
    3. Jika Anda tidak dapat memverifikasi informasi yang Anda berikan kepada Eka Pay, maka Eka Pay berhak men-suspend akun dan membekukan dana Anda sampai dengan proses investigasi selesai.

  9. Korespondensi Customer Service
    1. Jika Anda mengirimkan koresponden kepada Eka Pay, Eka Pay berhak menyimpan koresponden tersebut dalam rangka untuk mengukur dan memperbaiki layanan pelanggan Eka Pay, dan untuk menyelidiki potensi penipuan dan pelanggaran atas Persyaratan Penggunaan.
    2. Eka Pay secara periodik akan melakukan penghapusan catatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam Perundang-Undangan Republik Indonesia dan ketentuan-ketentuan Internasional.

  10. Kuesioner, Survey dan Data Profile
    1. Eka Pay dapat menawarkan kuesioner dan survey kepada Pengguna untuk pengumpulan informasi demografi atau untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan para Pengguna. Penggunaan informasi yang dikumpulkan ini akan dijelaskan secara detail didalam proses survey itu sendiri.
    2. Jika Eka Pay mengumpulkan informasi pribadi dari Pengguna Eka Pay dalam kuesioner atau survey, para Pengguna akan memperoleh pemberitahuan bagaimana informasi ini akan digunakan sebelum mereka berpartisipasi dalam survey atau kuesioner.

  11. Penerima atau Pemohon Non-member
    1. Ketika member mengirimkan pembayaran ke non-member atau permohonan pembayaran dari seseorang sebagai individu yang tidak terdaftar sebagai member Eka Pay, Eka Pay akan meminta informasi member untuk mensubmit kepada Eka Pay nama dan/atau alamat e-mail pihak lain, untuk kepentingan member yang mencoba untuk menghubungi non-member, sehingga member dapat melihat catatan lengkap transaksinya, termasuk transaksi yang tidak sah.
    2. Informasi tersebut disimpan tanpa batas waktu dan Eka Pay tidak akan membukanya kepada non-member.
    3. Non-member ini memiliki hak yang sama untuk mengakses dan mengkoreksi informasi mereka (dengan asumsi bahwa alamat e-mail mereka benar dan dapat menjangkau mereka) sebagaimana orang lain yang menggunakan Eka Pay.

  12. Penggunaan dan Pengungkapan Informasi
    1. Eka Pay mengumpulkan, menyimpan dan memproses informasi pribadi Anda pada server Eka Pay.
    2. Eka Pay menggunakan informasi pribadi Anda yang berasal dari informasi atau data Anda yang dimiliki oleh Eka Pay untuk menyediakan layanan dan untuk memproses transaksi-transaksi, untuk layanan customer service, untuk menentukan kelayakan Anda untuk menerima penawaran produk atau fitur khusus, serta untuk meningkatkan produk dan layanan Eka Pay.
    3. Eka Pay menggunakan informasi yang Anda berikan untuk mengakses layanan tertentu dari pihak ketiga atas nama Anda dan melakukan tindakan yang Anda minta Eka Pay lakukan.
    4. Eka Pay memberikan akses pengenalan informasi individual Pengguna hanya kepada karyawan yang membutuhkannya untuk memenuhi permintaan layanan pelanggan.

  13. Pembatasan Informasi untuk Pelanggan Lainnya
    1. Informasi Anda (username, nama dan tanggal transaksi) akan ditampilkan kepada pelanggan Eka Pay lain yang bertransaksi dengan Anda melalui Eka Pay.
    2. Eka Pay tidak akan memberikan informasi finansial dan akun Bank yang digunakan dalam proses transaksi antara Pengguna dan pihak lain melalui Eka Pay kepada pihak manapun, kecuali jika Bimasakti diminta oleh kepolisian, kejaksaan, pengadilan dan instansi terkait, karena adanya perbuatan hukum yang harus dipatuhi.
    3. Eka Pay juga dapat menginformasikan kepada pelanggan lain jumlah pembayaran yang Anda terima dari pelanggan yang statusnya “GOLD” atau “PLATINUM” dan pengukuran kesuluruhan lain yang memberikan indikasi reputasi Anda dengan pelanggan lain.

  14. Pembatasan Informasi kepada Pihak Ketiga selain Pelanggan
    1. Eka Pay tidak akan menjual, menyewakan informasi pribadi Anda kepada pihak ketiga.
    2. Eka Pay tidak akan berbagi informasi pribadi Anda kepada pihak ketiga, kecuali pada kondisi tertentu atas ijin dari Anda.
    3. Pihak ketiga memiliki keterbatasan untuk mengelola data informasi yang digunakan untuk keperluan lain diluar perjanjian yang telah dibuat oleh Eka Pay.
    4. Eka Pay membuka informasi yang dikumpulkan (sebagaimana dijelaskan diatas) dengan perusahaan yang melakukan jasa pemasaran atas nama Perusahaan atau lembaga keuangan lainnya yang bekerja sama dengan Eka Pay atau Bimasakti dalam suatu perjanjian pemasaran.
    5. Perusahaan-perusahaan ini sebelumnya dikenakan perjanjian dengan Eka Pay atau Bimasakti dan pembatasan hukum lainnya yang melarang menggunakan informasi kecuali untuk tujuan memasarkan produk dan layanan Eka Pay, kecuali jika Anda memberi persertujuan digunakan sebagaimana yang dimaksudkan Pihak Ketiga.
    6. Eka Pay berbagi informasi dengan itikad baik untuk bekerjasama dalam penyelidikan terkait dengan penipuan atau aktivitas legal lainnya, atau untuk penyelidikan terhadap pelanggaran Kebijakan & Aturan Perusahaan. Secara khusus, jika Bimasakti melakukan investigasi penipuan dan menyimpulkan bahwa ada satu pihak telah terlibat dalam praktek penipuan, Bimasakti dapat memberikan informasi kontak entitas (tidak termasuk akun bank atau informasi kartu kredit) kepada korban yang memintanya.
    7. Bimasakti memiliki hak untuk membuka informasi dalam menanggapi sebuah surat perintah, panggilan pengadilan, perintah pengadilan, retribusi, urutan penerima yang ditujuk pengadilan atau proses pengadilan lainnya yang sebanding, termasuk panggilan pengadilan dari pihak swasta dalam tindakan sipil.
    8. Bimasakti mengungkapkan informasi Anda kepada agen atau perwakilan hukum Anda (pemegang surat kuasa yang Anda tunjuk atau wali yang ditunjuk untuk Anda).
    9. Bimasakti berbagi data kepada mitra bisnis Perusahaan dan untuk public relation. Contohnya, Bimasakti dapat mengungkapkan jumlah dalam presentasi tertentu Pengguna (user) Eka Pay yang tinggal di Jakarta. Namun, informasi ini tidak berkaitan dengan informasi pribadi.
    10. Di masa mendatang Bimasakti memiliki hak melakukan merger atau diakuisisi oleh perusahaan lain. Jika terjadi akuisisi, perusahaan penerus akan memiliki akses ke informasi yang dikelola oleh Bimasakti, termasuk informasi akun pelanggan, dan akan terus terikat pada Kebijakan ini sampai ada perubahan sebagaimana dijelaskan diatas.
    11. Bimasakti berbagi informasi dengan seluruh anak perusahaan dan Joint Venture untuk membantu mengkoordinasikan layanan yang Eka Pay berikan kepada Anda, pelaksanaan syarat dan ketentuan serta mempromosikan kepercayaan dan keamanan.

  15. Kontak dengan Pelanggan
    1. Eka Pay berkomunikasi dengan pelanggan secara teratur melalui e-mail untuk menyediakan layanan yang diminta, dan Eka Pay juga berkomunikasi melalui email atau telepon untuk menyelesaikan keluhan pelanggan atau untuk menyelidiki transaksi mencurigakan.
    2. Eka Pay menggunakan alamat e-mail Anda untuk mengkorfirmasi pembukaan akun Eka Pay, untuk mengirimkan pemberitahuan pembayaran yang Anda kirimkan atau terima melalui Eka Pay, mengirimkan informasi mengenai perubahan penting pada produk atau layanan Eka Pay, dan mengirimkan pemberitahuan dan informasi lainnya yang diminta oleh hukum.
    3. Eka Pay juga akan menggunakan alamat e-mail Anda untuk mengirimkan komunikasi dalam bentuk lain yang dapat Anda kontrol termasuk didalamnya, tips, newsletter, customer survey, dan informasi khusus dari pihak ketiga. Sehubungan dengan audit independen atas laporan keuangan dan operasi Eka Pay, auditor mungkin akan mencari dan menghubungi pelanggan untuk memastikan bahwa catatan Eka Pay akurat. Namun, auditor ini tidak dapat menggunakan informasi pribadi untuk tujuan lain.
    4. Point Bank Eka berkomunikasi dengan pengguna/nasabah untuk menyediakan layanan yang diminta, dan Point Bank Eka juga berkomunikasi melalui email atau telepon untuk menyelesaikan keluhan nasabah atau untuk menyelidiki transaksi mencurigakan.
    5. Point Bank Eka menggunakan alamat email Anda untuk mengkorfirmasi pembukaan dan aktivasi akun Point Bank Eka, untuk mengirimkan pemberitahuan pembayaran yang Anda kirimkan atau terima melalui Point Bank Eka, mengirimkan informasi mengenai perubahan penting pada produk atau layanan Point Bank Eka, dan mengirimkan pemberitahuan dan informasi lainnya.
    6. Point Bank Eka juga akan menggunakan alamat email Anda untuk mengirimkan komunikasi dalam bentuk lain yang dapat Anda kontrol termasuk di dalamnya, tips, newsletter, customer survey, dan informasi khusus dari pihak ketiga.
    7. Sehubungan dengan audit independen atas laporan keuangan dan operasi Point Bank Eka, auditor mungkin akan menghubungi nasabah untuk memastikan bahwa catatan Point Bank Eka akurat. Namun, auditor ini tidak dapat menggunakan informasi pribadi untuk tujuan lain.